Bila ingin meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan atau sekadar langsing, membakar kelebihan lemak bisa sangat menantang. Selain diet dan olahraga, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan dan lemak.

Untungnya, ada banyak langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan pembakaran lemak, dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah cara terbaik untuk membakar lemak dengan cepat dan efektif menurunkan berat badan. untuk menurunkan berat badan ada 2 latihan yang perlu diikuti yaitu latihan kardio dan latihan beban.

Latihan kardio

1. Menambahkan kardio ke rutinitas Anda mungkin menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak. Kardio adalah salah satu bentuk latihan yang paling umum dan didefinisikan sebagai semua jenis latihan yang secara khusus melatih jantung dan paru-paru.

Jogging adalah salah satu latihan kardio membakar lemak. Image by Pixabay

Pertama pilihlah latihan fisik yang anda sukai dan mudah dilakukan. Latihan yang terbaik adalah tidak dinilai dari apa yang harus anda lakukan tetapi apa yang dapat anda kerjakan. Anda dapat melakukan jogging, berenang, bersepeda, tenis atau bulu tangkis yang dapat mengawali latihan fisik anda.

Studi menunjukkan bahwa semakin banyak orang berolahraga kardio, semakin banyak lemak perut yang cenderung hilang. Kardio juga dapat membantu mengurangi lingkar pinggang, menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Menambahkan kardio ke rutinitas Anda mungkin menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak.

2. Latihan hendaknya dilakukan mulai dari 2-3 kali dalam seminggu.

3. Sebelum melakukan latihan kardio jangan lupa pemanasan dulu ya. Selalu mulai pemanasan sekitar 5-10 menit sebelum latihan inti untuk menadaptasi denyut nadi dan mencegah kram otot. Pemanasan sangat penting sebelum anda melalukan gerakan olahraga

4. Lakukan latihan olahraga kardio dari yang mudah dulu atau gerakan olahraga yang ringan dulu lalu tingkatkan intensitasnya sesuai kemampuan anda.

5. Akhiri latihan anda dengan pendinginan yaitu berupa latihan kardio ringan dan lakukan peregangan untuk melenturkan otot.

6. Tingkatkan waktu latihan anda beberapa menit hingga 30 menit setiap sesi dalam waktu 1 minggu pertama.

7. Setelah 4-6 minggu tingkatkan intensitas olahraga kardio anda dengan gerakan tambahan dan bervariasi.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah jenis latihan yang mengharuskan Anda untuk mengencangkan otot. Ini membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan, latihan kekuatan melibatkan mengangkat beban untuk mendapatkan otot dari waktu ke waktu.

Latihan kekuatan membakar lemak. Image by Pixabay

Latihan kekuatan atau beban adalah membantu menurunkan berat badan, juga membantu otot kita tetap kuat walaupun memiliki otot yang besar bukanlah tujuan anda, menjalani latihan kekuatan adalah hal yang penting untuk anda lakukan.

Melakukan latihan beban tubuh, mengangkat beban atau menggunakan peralatan olahraga adalah beberapa cara mudah untuk memulai dengan latihan kekuatan.

Bila anda berlatih di gym usahakan menggunakan alat dengan mesin untuk memastikan stabilitasi dalam setiap latihan. Konsultasikan dengan instruktur fitness anda mengenai gerakan yang baik untuk anda.

Latihan kekuatan telah terbukti meningkatkan pengeluaran energi istirahat dan mengurangi lemak perut, terutama bila dikombinasikan dengan latihan kardio.

Latihan beban itu sendiri membakar kalori, tidak seperti olahraga aerobik (kardio), semakin banyak otot yang dimiliki tubuh Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar setiap hari.

Lakukan latihan dengan melakukan gerakan untuk semua otot tubuh sebanyak 1-3 kali dalam sehari. Lakukan pemanasan sebelumnya selama 5-10 menit dilanjut dengan latihan kardio dengan pemanasan setiap set dengan menggunakan beban yang ringan sesuai kemampuan. Untuk permulaan lakukan 10-20 repetisi untuk setiap gerakan olahraga, hingga anda merasa aman dan mampu melakukan beban dan gerakan yang dilakukan.

Olahraga workout untuk membakar lemak dengan efektif, Image by Pixabay

Cara membakar lemak dengan latihan olahraga ini dibuat untuk anda yang tidak punya banyak waktu untuk pergi ke tempat gym, atau latihan aerobic di pusat kebugaran. Anda tidak memerlukan alat olahraga padalatihan ini dapat dilakukan sendirian dirumah.
Latihan olahraga ini dilakukan dengan sederhana namun berkekuatan tinggi dapat mengena pada beberapa otot sekaligus. Berat tubuh anda sendiri akan menghasilkan tekanan yang cukup pada otot untuk membakar kalori serta mempertahankan detak jantung. Peningkatan denyut jantung tersebut pada titik tertentu ternyata bisa membakar lebih banyak kalori.

Ada beberapa gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk melakukan latihan fisik. Pemanasan dapat dilakukan dengan jogging atau lari, push up dan squat lakukan semuanya dalam waktu 10 menit. Tubuh siap melakukan gerakan selanjutnya. Anda dapat melakukan gerakan olahraga seperti dibawah ini.

1. Plank
2. Push-up
3. Squat
4. Sprint
dan lainnya.
Istirahat selama 2 menit lalu lakukan gerakan selanjutnya, ulangi latihan 2 hingga 3 kali pengulangan. lakukan latihan 2-4 kali dalam seminggu.

Lakukan olahraga kardio dan latihan kekuatan dengan rutin dan telaten, badan ramping sehat dan ideal mudah didapatkan. Apabila workout ini terasa agak berat dilakukan jangan patah semangat, lakukan sedikit demi sedikit dengan repetisi yang gak terlalu banyak, mulailah dengan 10 repetisi saja, sekitar 5-10 menit. Atur dan sesuaikan dengan kemampuan. Mulai dengan olahraga yang ringan lalu tingkatkan kemampuan sebanyak yang sanggup dilakukan. Perlahan-lahan tingkatkan durasi waktu olahraga dan tambah repetisinya sesuaikan dengan daya tahan tubuhmu. Dan jangan lupa atur juga pola makan sehat defisit kalori, perbanyak sayuran dan buah-buahan untuk membantu membakar lemak lebih efektif dan efisien.