Manfaat kacang tanah

By | October 6, 2017

Manfaat kacang tanah – Kacang tidak hanya lezat dan renyah, kacang adalah camilan gurih yang enak. Dilengkapi dengan vitamin dan nutrisi, kacang bermanfaat dapat meningkatkan kesehatan Anda. Kacang yang diperkaya dengan banyak manfaat kesehatan nutrisi yang penting untuk kesehatan yang optimal.

Kacang merupakan sumber yang baik dari protein menyusun asam amino kualitas baik yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Kacang adalah sumber yang kaya mineral seperti tembaga, mangan, kalium, kalsium, besi, magnesium, seng, dan selenium.

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan

manfaat kacang tanah

1. Kacang tanah yang sarat dengan protein, serat, lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal), vitamin (vitamin E, folat niasin), mineral (mangan) dan fitonutrien.

2. Kacang tanah mengandung antioksidan fenolik dikenal sebagai resveratrol. Hal ini biasanya ditemukan dalam anggur. Antioksidan ini membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung, kanker, diabetes tipe 2 dan hipertensi.

3. Kacang tanah dapat meningkatkan daya memori (Vitamin B3).
Hal ini disebabkan vitamin B3 atau kandungan niacin yang banyak memberikan manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori .

4. Manfaat kacang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler.

5. Menurunkan resiko naiknya berat badan.
Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk naik berat badannya daripada mereka yang hampir tidak pernah makan kacang.

6. Kacang merupakan sumber vitamin E.
Kacang merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E (a-tokoferol), mengandung sekitar 8 g per100 g. vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang kuat yang membantu menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindungi dari berbahaya oksigen radikal bebas.

Namun, kacang mungkin mengandung racun yang disebut aflatoksin. Hal ini biasanya ada dalam kacang mentah. Meskipun tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Tetapi dapat menyebabkan masalah seperti diare, kram perut dan mual. Jadi yang terbaik adalah mengkonsumsi kacang setelah direbus, di goreng dan dipanggang sebelum dikonsumsi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *