Manfaat Alpukat

By | September 29, 2017

Manfaat Alpukat – Alpukat atau apokat adalah buah-buahan yang tinggi lemak dan kalori. Daging buahnya halus namun beraroma mentega, alpukat adalah salah satu buah yang paling populer. Pohon alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tinggi pohon alpukat dapat mencapai hingga 20 m. Tanaman alpukat bunga hijau kekuningan. Buah alpukat bertekstur lembut daging. Buah Alpukat sering digunakan sebagai jus, tetapi alpukat juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berbagai manfaat dapat diperoleh dari alpukat, baik buah dan daun. Para peneliti dari Universitas Shizuoka, Jepang. Misalnya, menemukan manfaat alpukat dalam mengurangi kerusakan hati, termasuk kerusakan yang disebabkan oleh virus hepatitis.

Alpukat seperti buah zaitun, tinggi lemak tak jenuh tunggal dan kalori. Namun sangat kaya serat makanan, vitamin, dan mineral.

Manfaat alpukat untuk kesehatan

Manfaat Alpukat

Manfaat alpukat untuk menurunkan kolesterol. Daging buah alpukat adalah sumber yang sangat baik dari asam lemak tak jenuh tunggal, seperti oleat, asam palmitoleat, omega-6, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam linoleat. Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik, dengan demikian, mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.
Alpukat adalah sumber yang sangat baik dari serat makanan larut dan tidak larut. 100 g buah alpukat menyediakan 6,7 g atau sekitar 18% dari asupan harian yang direkomendasikan. Serat makanan membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah sembelit.

Alpukat mengandung konsentrasi tinggi tanin. Tanin, senyawa poli-fenolik, memiliki manfaat anti-inflamasi, anti-maag dan antioksidan.

Daging alpukat mengandung manfaat kesehatan seperti flavonoid poli-fenolik antioksidan, seperti cryptoxanthin, lutein, zea-xanthin, beta dan alpha karoten dalam jumlah kecil. Bersama-sama senyawa ini bertindak sebagai pelindung terhadap radikal bebas oksigen (oxygen-derived free radicals) dan spesies oksigen reaktif (reactive oxygen species) yang berperan dalam penuaan dan mencegah berbagai proses penyakit.

Alpukat juga mengandung banyak vitamin yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Vitamin A, E, dan K.

Alpukat juga merupakan sumber yang sangat baik dari mineral seperti besi, tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting untuk memperkuat tulang dan memiliki peran melindungin jantung juga. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Besi dan tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.

Alpukat merupakan sumber yang sangat kaya kalium. 100 g buah menyediakan 485 mg atau sekitar 10% dari level sehari yang diperlukan tubuh. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah, dan juga melawan efek buruk dari sodium.

Ingin tau tentang manfaat bawang putih dan manfaat kacang tanah??

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *