Penyebab stress yang sering terjadi

By | May 1, 2016

Apa saja penyebab stress yang sering terjadi? Stress sebabnya macam-macam, penyebab umum dari stres mencakup pekerjaan, uang, hubungan pertemanan, perceraian, ujian sekolah dan penyakit. Gejala mungkin termasuk lekas marah, kecemasan, sulit tidur, malas, sakit kepala dan ketegangan otot. Setiap orang bereaksi terhadap stres berbeda tergantung pada kepribadian Anda dan bagaimana Anda menanggapi tekanan. Apa itu stress? mengapa kita mengalaminya dan bagaiman stress bisa timbul? Hal-hal yang berpotensi menyebabkan timbulnya stres alias stresor banyak macamnya. Secara garis besar dapat dikelompokan menjadi 3 faktor, yaitu penyebab mental (fisikologis), penyebab lingkungan, dan penyebab fisik.

3 Faktor penyebab stress

1. Faktor fisikologis
Penyebab fisikologis dapat berupa berbagai peristiwa atau masalah yang ada disekitar kita. Sesungguhnya, bukan faktor-faktor dari luar diri kita itu yang berpotensi menimbulkan stres pada diri seseorang, melainkan bagaimana kita secara umum memandang atau menyikapi peristiwa atau masalah itu sendiri. Apabila, terhadap semua itu kita bereaksi secara negative (marah, takut, becnci, iri hati, dendam, panik, cemas, khawatir), maka tak pelak kita akan didera stres.

Sebagai contoh, tiba-tiba muncul masalah pada mobil anda dijalan. Masalah itu dapat anda sikapi dengan 2 cara. Pertama anda menjadi tegang dan bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi. Kedua, anda menganggapnya sebai bagian dari hidup sehingga dengan demikian anda sudah siap menghadapi suatu masalah yang buruk dalam hidup ini kapanpun dan dimana saja.

Andai kata anda menyikapi masalah yang menimpa mobil dijalan dengan cara yang pertama, anda tentu akan mengalami stres. Namun, jika persoalaan itu anda sikapi dengan cara kedua, bebaslah anda dari terpaan stres. Jadi, penyebab psikologis sebenarnya dapat dengan mudah dihalau dengan cara menyesuaikan dengan sikap dan reaksi kita terhadap berbagai persoalan dalam hidup ini. Dalam buku kiat mengendalikan pikiran dan bebas stres (2008)karya Er. M. K. Gupta dinyatakan, jika kita dapat belajar memandang segala sesuatu dari sudut positif, kita tidak akan dihampiri stres, itu kuncinya.

2. Faktor lingkungan
Penyebab lingkungan meliputi antara lain cuaca dingin, panas, bising, lembab, ataupun polusi (asap, debu) berlebihan di air atau udara, pencahayaan yang tidak pas, suasana berdesak-desakan di suatu tempat, dan sebagainya. Semua itu dapat membuat kita stres dan mengaktifkan mekanisme stres.

Seberapa jauh kita terpengaruh atau tidak terpengaruh oleh penyebab lingkungan itu tergantung pada daya tahan tubuh atau stamina kita masing-masing. Itu sebabnya dampak pada masing-masing orang dapat berbeda-beda. Ketika seseorang tidak tahan menghadapi stres lingkungan itu, orang lain masih bisa bertahan.

Penyebab stress yang sering terjadi

3. Faktor fisik
Penyebab fisik berkaitan dengan tubuh dan cara hidup kita. Jika makanan di konsumsi secara berlebihan, makan makanan tertentu secara berlebihan, misalnya gula pasir, garam, kopi, teh, alcohol, daging merah, rokok, gorengan dan sebagainya diyakini dapat meningkatkan kadar stres. Semua itu meningkatkan mekanisme stres dalam diri kita.

Kebiasan bernafas kita juga mempengaruhi respons stres. Jika kebiasaan kita bernapas dangkal (sebatas sampai dada), cepat, menyentak-nyentak, bersuara berisik, bukannya dari perut, perlahan, dan berirama, secara tidak sadar kita mengaktifkan respons stres. Sebab cara bernapas dangkal, cepat, dan sebagainya merupakan ciri kondisi mental yang stres.

Kebiasaan postur tubuh juga berperan penting dalam menyumbang atau mengaktifkan respon stres. Cara kita berdiri, duduk, maupun berjalan memiliki pengaruh besar dalam tingkat stres. Misalkan, duduk dengan posisi tulang belakang lurus membuat kita merasa percaya diri dan penuh energy. Sedangkan duduk dengan posisi tulang belakang mwmbungkuk dan bahu mingkup, membuat kita merasa malas dan bosan.

Memiliki penyakit yang kronis juga dapat menyumbang terjadinya stres – karena penyakit menimbulkan ketidaknyamanan secara mental, seperti kecemasan, kejengkelan, kegelisahan, kesedihan, dan sebagainya. Diyakini, tubuh dan kondisi mental saling berkaitan satu sama lain. Bereaksi secara negative terhadap penyakit fisik justru akan memperburuk kondisi stres. Dengan mengendalikan reaksi negative yang muncul, stres dapat dicegah menjadi bertambah parah.

Ada pula yang mengelompokan penyakit stres menjadi berikut :

1. Berkaitan dengan pancaindra : rasa sakit atau nyeri, cahaya terang.
2. Peristiwa : kelahiran, kematian, pernikahan, dan perceraian.
3. Tanggung jawab : Krisis keuangan, menganggur.
4. Penyakit : depresi, gangguan obsesif, kompulsif.
5. Pekerjaan/sekolah : ujian, tengat waktu proyek, proyek kelompok.
6. Hubungan : konflik, kecurangan, perpecahan.
7. Gaya hidup : banyak minum alcohol, kurang tidur.
8. Sosial : perjuangan hidup, kompetisi dan sebagainya.

Demikianlah penyebab timbulnya stress yang sering terjadi dan faktor penyebab stress. Setiap orang bereaksi terhadap stres yang berbeda satu dengan yang lain tergantung pada kepribadian Anda dan bagaimana Anda menanggapi tekanan. (Jangan di kopas tanpa mencantumkan sumbernya bisasaja.com). Lalu apa saja gejala umum stress?

penyebab stres, penyebab stress, faktor penyebab stres, faktor faktor penyebab stres, pnybab stres,

Mungkin anda suka

Gejala stress yang biasa terjadi Apa saja tanda gejala stress yang biasa terjadi, gejala stress berat dan apa gejala stress tingkat tinggi? ini adalah pertanyaan yang sering di tanyak...
Makanan untuk mendapatkan perut rata Kebanyakan wanita mengalami perasaan kembung di perut menyebabkan sering ketidaknyamanan dan rasa malu. Pasti kita ingin memiliki perut yang datar unt...
Cara menghambat kulit kendur Cara mudah mencegah kulit mengendur akibat pengaruh cuaca, penurunan berat badan dan stres, namun usia juga merupakan faktor terbesar yang mempengaruh...
Apa itu aterosklerosis? Apa itu aterosklerosis? Mungkin kita belum paham tentang penyakit jantung yang satu ini. Aterosklerosis merupakan salah satu jenis penyakit jantung di...

Comments

comments