Manfaat rosella merah untuk kesehatan

By | September 3, 2017

Manfaat Rosella Merah Untuk kesehatan rosella merah memiliki manfaat dan khasiat yang baik. Ada yang mengatakan tumbuhan rosella berasal dari India, tetapi ada juga pendapat yang mengatakan rosella berasal dari Afrika Barat. Tumbuhan rosella ini semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abad yang lampau. Di India Barat, tanaman ini disebut dengan Jamaican sorrel.
Pohon rosella tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang bisa mencapai 3-5 meter sertamengeluarkan bunga hamper sepanjang tahun, bunga rosella berwarna cerah, kelopak bunganya berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga sepatu. Bagian bunga rosella yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang mempunyai rasa yang amat masam.

Manfaat rosella merah sebagai tumbuhan herba ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptic dan penambah kekuatan syahwat. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti untuk mengobati batuk, ketidaknyamanan, lesu, deman, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati.
Ekstrak dari kuncup bunganyaternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodic (penahan kekejangan), antihelmintik (anticacing), dan antibakteri. Selain itu, rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herbal itu juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit, dan gigitan serangga.

Manfaat rosella merah untuk kesehatanDi India, biji rosella digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah, kelesuan. Dari segi kesehatan, ternyata rosella mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelompak bunga tebal (juicy) misalnya rosella merah atau bunga rosella dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker dan radang.
Rosella merah mengandung bahan-bahan kimiawi penting, seperti gosipetin, antosianin, dan glukosid bibiscin. Dan pengobatan tradisional, rosella merah sering digunakan/dipercaya untuk mengatasi atau mencegah penyakit kanker dan radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menurunkan kekentalan darah, menurunkan tekanan darah, dan menstimulasi gerakan usus. Bunga ini manjur juga untuk penyakit jantung, hipertensi, sakit saraf, dan sakit pencernaan. Selain itu, rosella merah dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan melancarkan buang air besar sebagai peluruh air seni.

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam bunga rosella merah
Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 di antaranya terdapat dalam kelopak bunga rosella, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, rosella juga mengandung protein dan kalsium.
Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga rosella adalah gossy peptin antbocyanin dan glucoside bibiscin yang mempunyai efek diuretic dan kholeretik, memeprlancar peredarand arah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus, serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat)
Dari penelitian terbukti bahwa kelopak rosella mempunyai efek anti-hipertensi, meredakan kram otot, dan antiinfeksi bakteri. Dalam eksperimen, ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga rosella mampu mengurangi efek alkohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi.
Kelopak bunga rosella juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena efek farmakologis dari sejenis asam organic bernama polisakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga rosella. Selain itu, elemen yang tidak kalah pentingnya adalah, kandungan vitamin C, dalam kadar tinggi dalam kelopak bunga rosella. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat dari kelopak bunga rosella.

1. Dapat mengurangi kepekatan/ kekentalan darah.
2. Membantu proses pencernaan.
3. Mencegah peradangan pada saluran kencing, dan ginjal.
4. Penyaring racun pada tubuh.
5. Mencegah kekurangan vitamin C.
6. melancarkan peredaran darah.
7. Melancarkan buang air besar.
8. Menurunkan kadar penyerapan alkohol.
9. Penahan kekejangan.

Mungkin anda suka

Manfaat kacang tanah Manfaat kacang tanah - Kacang tidak hanya lezat dan renyah, kacang adalah camilan gurih yang enak. Dilengkapi dengan vitamin dan nutrisi, kacang berma...
Manfaat cuka apel untuk kesehatan Cuka sari apel adalah bahan serbaguna yang berasal dari fermentasi buah apel. Zat ini memainkan peran penting dalam kesehatan dan penyembuhan penyakit...
Makanan untuk mendapatkan perut rata Kebanyakan wanita mengalami perasaan kembung di perut menyebabkan sering ketidaknyamanan dan rasa malu. Pasti kita ingin memiliki perut yang datar unt...
Makanan yang harus dihindari saat diet Karena kesibukan seringkali kita memilih makanan cepat saji, namun untuk yang sedang berdiet ada jenis makanan yang harus di hindari saat diet. Makana...

Comments

comments