Apa itu aterosklerosis?

By | September 29, 2014

Apa itu aterosklerosis? Mungkin kita belum paham tentang penyakit jantung yang satu ini. Aterosklerosis merupakan salah satu jenis penyakit jantung dimana suatu kondisi arteri menyempit dan mengeras, terjadi karena adanya penumpukan berlebihan dari plak di sekitar dinding arteri. Penyakit ini mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh, menyebabkan komplikasi kardiovaskular yang serius. Yuk kita pelajari lebih lanjut tentang penyakit ini.

Pengertian Aterosklerosis
Aterosklerosis atau Atherosclerosis adalah radang pada pembuluh darah manusia yang disebabkan penumpukan plak ateromatus. Juga di kenal dengan nama arteriosclerotic vascular disease (ASVD).

Penyebab Aterosklerosis
Aterosklerosis bisa sangat lambat diketahui, penyakit progresif yang mungkin mulai terjadi sejak dini di masa kanak-kanak. Pada beberapa orang penyakit ini berkembang pesat di usia 30-an. Tidak menjadi berbahaya sampai mereka mencapai usia 50-an atau 60-an. Namun, hal ini adalah normal untuk memiliki beberapa pengerasan pembuluh darah seiring dengan bertambahnya usia.
Meskipun penyebab pasti Aterosklerosis tidak diketahui secara pasti, aterosklerosis mungkin mulai dengan kerusakan atau cedera pada lapisan dalam arteri.
Kerusakan arteri dapat disebabkan oleh:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Trigliserida tinggi, jenis lemak dalam darah Anda
    Rokok dan sumber-sumber lain dari tembakau
  • Diabetes
  • Peradangan dari penyakit, seperti radang sendi, lupus atau infeksi, atau peradangan dari penyebab yang tidak diketahui

Apa itu aterosklerosis?

Sejarah Aterosklerosis
Ateroklerosis sebenarnya bukan berita baru. Otopsi pertama ada mumi yang hidup lebih dari 3.500 tahun lalu, yang dilakukan pada tahun 1931, menunjukan adanya tanda-tanda pengapuran pada pembuluh koroner seorang wanita berusia 50 tahun.
Mau bukti lain? Otopsi pada 200 orang serdadu yang mati muda dalam perang korea menunjukkan, 50% dari mereka telah mengalami pengapuran di pembuluh darah koronernya, padahal sebelumnya tak ada keluhan. Bahkan di AS, 46% anak muda yang tewas karena kecelakaan lalu lintas, ternyata sudah mengidap pengapuran koroner. Juga tanpa keluhan sebelumnya. Sedihnya, studi pun mendukung fakta. WHO, berdasarkan telaah tahun 1076 menyimpulkan, proses pengapuran koroner bertambah 3% per tahun sejak seseorang berusia 20 tahun.

Hal ini membuktikan bahwa progresivitas pengapuran pembuluh koroner sesungguhnya memang bergulir diam-diam dan senantiasa membawa bahaya laten. Check up kesehatan menjadi sangat penting, terutama bagi orang yang sudah melewati usia 40 tahun, agar progresitas penyakit ini dapat dicegah sedini mungkin.

Yang menarik, di Jepang secara umum, walaupun jumlah pengidap hipertensi dan perokok sangat tinggi, insiden penyakit jantung koroner relatif rendah karena kadar kolesterol mereka umumnya rendah. Berbeda dengan di kota-kota metropolitannya dimana sudah terjadi pergeseran pola makan, kecenderungan timbulnya jantung koroner tampaknya meningkat.
Penyakit jantung koroner menjadi penyebab utama kematian di Asia (Singapura, Malaysia, Cina, India, Filipina, dan Indonesia). Berdasarkan laporan National Heart, Lung and Blood Institute, AS, ada hubungan langsung antara konsentrasi kolesterol darah dengan penyakit jantung koroner.

Demikianlah arti dan pengertian penyakit Aterosklerosis, semoga bermanfaat. Mari sayangi jantung kita.

pengertian atherosclerosis, atherosclerosis adalah, pengertian aortosclerosis, arti aortosclerosis, aortosclerosis artinya,

Mungkin anda suka

Cara menyiasati rambut beruban Rambut beruban memang kadang membuat penampilan kurang percaya diri, namun kita bisa menyiasati rambut beruban agar tampak lebih terawat dan lebih ind...
Cara mengurangi nafsu makan Bila anda ingin berpenampilan lebih langsing dan cantik beberapa minggu kedepan. Hari ini saatnya untuk menghilangkan berat badan dengan cara yang ben...
Manfaat cuka apel untuk kesehatan Cuka sari apel adalah bahan serbaguna yang berasal dari fermentasi buah apel. Zat ini memainkan peran penting dalam kesehatan dan penyembuhan penyakit...
Penyebab stress yang sering terjadi Apa saja penyebab stress yang sering terjadi? Stress sebabnya macam-macam, penyebab umum dari stres mencakup pekerjaan, uang, hubungan pertemanan, per...

Comments

comments