Apa itu stress?

By | March 4, 2017

Apa itu stress? Apa penyebab stress dan bagaimana gejala stress? semua orang pasti mengalami stress. Stress yang terjadi ketika kita merasa bahwa kita tidak dapat mengatasi tekanan dan tekanan ini datang dalam berbagai bentuk dan rupa, dan memicu respon fisiologis. Ketika seseorang merasa tertekan oleh sesuatu yang terjadi di sekitar mereka, tubuh mereka bereaksi dengan melepaskan zat kimia ke dalam darah. Bahan kimia ini memberi orang lebih banyak energi dan kekuatan, yang dapat menjadi hal yang baik jika stres tersebut disebabkan oleh bahaya fisik. Namun akan menjadi hal yang buruk jika di tanggapi secara emosional dan tidak ada jalan keluar untuk melepaskan banyaknya energi dan kekuatan tersebut.

apa itu stress

Pengertian stress dalam kehidupan sehari-hari
Istilah setres atau stres itu dipakai secara tidak tepat untuk menyebutkan seseorang yang bersikap, berperilaku, bertindak, atau berpikir diluar kebiasaan, diluar nalar, norma dan lain sebagainya, kadang pula oleh si penutur kata setres dimaksudkan untuk mengganti kata gila, sinting, miring atau tidak waras dalam arti sebenarnya atau kiasan.
Namun pengertian stres yang sebenarnya tentu bukan seperti itu.

Apa artinya stress?
Istilah stres diambil dari khasanah ilmu metalurgi karena dianggap tepat untuk menggambarkan stres yang menerpa manusia. Stres dalam pengertian metalurgi diartikan sebagai tekanan tertentu yang diberikan pada spesimen sebatang logam (metal) untuk mengukur antara lain tingkat kekuatan atau kelenturannya. Pada tingkat stres tertentu, logam itu tidak kuat lagi bertahan sehingga menjadi retak atau patah. Peristiwa retak atau patahnya logam yang di dahului datangnya tekanan itulah yang disebut stres. Istilah stres itu kemudian diadopsi untuk diterapkan pada manusia.

Pada diri manusia, stres merupakan tekanan yang menimbulkan reaksi fisik atau emosional. Sampai pada skala tertentu stres kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Stres ringan yang biasa disebut dengan istilah eustres dibutuhkan karena ia memicu semangat beraktivitas dan bersifat mendorong. Eustres sebenernya reaksi positif terhadap adanya tekanan. Sedangkan reaksi negatifnya disebut distres yang bersifat merusak dan dapat merugikan kesehatan pada diri sendiri.

Kalau secara fisik orang yang bersangkutan tidak dapat menahan tekanan itu, ia bisa menderita sakit fisik, misalnya aja sakit maag atau pusing. Jika secara emosional yang bersangkutan tidak bisa menahan tekanan itu, ia dapat mengalami derita mental seperti gelisah, takut, khawatir, marah, benci, iri hati, atau perasaan negative lainnya. Apabila demikian, orang itu disebut mengalami distres karena tidak mampu menahan tekanan yang datang dari luar secara berkepanjangan dan tiada henti.

Lalu apa penyebab stress? kita akan membahas lebih lanjut tentang penyebab stress dah gejalanya, dalam artikel di bawah ini.

– Penyebab stress yang sering terjadi

– Gejala stress yang biasa terjadi

definisi stress pada metal,

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *